728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 21 Agustus 2015

Cara Menghilangkan Lumpur pada Pasir Sungai

Cara Menghilangkan Lumpur pada Pasir Sungai
Pasir sungai merupakan pasir yang berasal dari sungai. Jenis pasir ini biasanya ditambang di muara sungai. Pasir ini mempunyai kualitas yang cukup baik, asalkan tidak banyak mengandung lumpur dan beragam bahan lainnya yang berada di dalam air.

Pasir mesti melalui proses pencucian terlebih dahulu dengan memakai air bersih untuk menghilangkan kandungan lumpur dan kotoran yang lainnya. Idealnya, pencucian ini dilakukan sebanyak 3 kali supaya pasir benar-benar bersih.

Lantas, bagaimana cara mengecek kandungan lumpur dalam pasir sungai ini? Caranya ambil segenggam pasir dan masukkan ke dalam botol air. Kemudian, beri air dan kocok-kocok pasir. Sesudah itu, diamkan botol tersebut. Biasanya, endapan lumpur akan berpisah dengan pasir. Bila endapan lumpur banyak, maka kualitas pasir sungai tidak baik.

Cara tersebut dapat pula diterapkan ke pasir yang berasal dari gunung. Pasalnya, ada beberapa penjual yang mencoba berbuat curang dengan mencampur pasir gunung dan tanah.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil segenggam pasir, kemudian kepalkan. Saat dikepalkan, pasir yang berkualitas bagus tidak akan menggumpal. Sementara pasir yang berkualitas jelek akan menggumpal. Hal disebabkan oleh banyaknya tanah atau lumpur yang terkandung di dalam pasir tersebut.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Menghilangkan Lumpur pada Pasir Sungai Rating: 5 Reviewed By: Unknown