728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 21 Agustus 2015

Kelebihan Pengisi Nat Khusus

Kelebihan Pengisi Nat Khusus
ibuarsitek.blogspot.com
Nat atau grouting merupakan celah-celah di antara keramik. Jangan coba-coba untuk meremehkan sosok mungil ini. Pasalnya, jika nat ini tampil kosong tanpa pengisi, maka keindahan keramik akan sirna. Bukan cuma itu saja, bahan pengisi nat juga tidak jarang memengaruhi kualitas lantai yang kokoh dan kuat.

Jika natnya kuat dan melekat dengan erat, maka lantai tidak mudah lepas (popping) secara otomatis. Hal ini menunjukkan bahwa nat juga mempunyai peran yang penting untuk melindungi lantai keramik dari kerusakan.

Selain berfungsi sebagai pendukung estetika keramik, nat juga berfungsi untuk menahan muai susut yang terjadi akibat perubahan suhu di ruangan. Biasanya, efek yang terjadi adalah popping yaitu keramik mudah lepas terangkat. Manfaat lain dari nat adalah untuk membantu mencegah rembes pada area basah, seperti kamar mandi dan kolam renang.

Nat mesti diisi dengan bahan yang tepat untuk bisa melindungi keramik secara sempurna. Pada waktu dahulu, para tukang cuma memakai adukan semen konvensional untuk mengisi celah nat. Namun, cara ini kurang efektif sebab semen bersifat getas dan kaku sehingga jika terjadi pergerakan ketika muai susut, maka keramik menjadi mudah terangkat.

Nah, disarankan untuk menggunakan pengisi nat khusus untuk menghindari kejadian di atas. Kelebihan pengisi nat khusus ialah memiliki bahan yang lebih lunak dan lentur. Dengan demikian, ketika terjadi pergerakan muai susut, keramik lantai atau dinding menjadi tidak gampang terangkat.

Secara umum, bahan pengisi nat khusus ini sama dengan semen konvensional. Cuma saja, pengisi nat khusus telah dilengkapi dengan teknologi yang membuat nat menjadi lebih fleksibel. Di samping itu, beberapa tipe pengisi nat bisa pula melindungi nat dari serangan jamur dan rembesan air yang sering menghampiri area basah.

Pengisi khusus nat juga memiliki koleksi warna yang beragam. Sekarang ini, nat tidak hanya sebatas bahan pengisi berwarna abu-abu. Kita dapat memilih warna nat sesuai dengan motif atau warna keramik yang dipakai.

Bukan hanya pilihan warna, kita bisa juga menambahkan cairan lain yang telah dilengkapi dengan teknologi khusus untuk menghindari warna cepat pudar. Meskipun begitu, tidak sedikit juga pengisi nat yang bisa langsung diaplikasikan ke lantai lantaran sudah dilengkapi dengan fitur pelindung guna mempertahankan warna.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kelebihan Pengisi Nat Khusus Rating: 5 Reviewed By: Unknown