728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 22 Agustus 2015

Cara Tepat Menata Ruang dengan Karpet

Cara Tepat Menata Ruang dengan Karpet
Tema atau konsep ruang merupakan hal yang penting sekali dalam proses memilih karpet. Ada 4 elemen penting yang harus diperhatikan ketika memilih karpet, yaitu warna, corak/motif, tekstur (bahan), dan ukuran. Keempat elemen ini akan mendatangkan sensasi hangat dan nyaman, baik dari segi estetika maupun psikologis.

Selain itu, keempat elemen tersebut juga akan memudahkan kita dalam menentukan apakan karpet akan berperan sebagai titik perhatian atau cuma sebagai aksen saja. Pemilihan karpet selain disesuaikan dengan peran karpet dan tema ruang, juga didasarkan pada fungsi ruang. Berikut tips dalam menata ruang menggunakan karpet.

Cara Memilih Karpet Berdasarkan Tema Interior Ruang

Sebaiknya sesuaikan motif dan warna karpet sesuai dengan tema ruang yang diusung ketika memilih karpet. Berikut tips yang mesti diperhatikan untuk ruang dengan gaya modern dan klasik.

1. Pemilihan Karpet untuk Ruang Bergaya Modern
Karpet dengan motif kotak-kotak, garis-garis lurus, geometri, lengkung, atau polos dapat menjadi pilihan terbaik untuk tatanan interior dengan sentuhan modern. Kita dapat memilih warna alami seperti putih, abu-abu, atau cokelat jika hendak disesuaikan berdasarkan warna.

Pemilihan warna karpet ini ditentukan juga oleh nuansa warna pada ruangan tersebut. Jika ruangannya bernuansa putih, maka sebaiknya pakai karpet dengan warna putih pula. Tetapi, padukan juga dengan warna lain sebagai aksen, contohnya merah.

2. Pemilihan Karpet untuk Ruang Bergaya Klasik
Karpet Persia atau karpet lainnya dengan detail oriental dan Eropa dapat menjadi pilihan ketika memilih karpet untuk ruang bertema interior dengan sentuhan klasik. Tetapi, kita dapat memakai karpet dengan motif yang tidak terlampau rumit jika memadukannya dengan konsep modern. Namun, masih mencerminkan sentuhan klasik, misalnya motif geometri.

Selain itu, kita dapat pula memilih karpet yang mempunyai motif pada bagian pinggirnya sebagai aksen supaya tidak terasa monoton. Bila dilihat dari segi warna, maka karpet dengan sentuhan klasik lebih banyak memakai warna-warna tanah, seperti cokelat tua atau krem.

Cara Memilih Karpet Berdasarkan Fungsi Ruang

Bukan hanya dari tema interior saja, pemilihan karpet disesuaikan pula dengan fungsi ruang. Berikut tips memilih karpet untuk ruang tamu dan ruang makan.

Cara Tepat Menata Ruang dengan Karpet

1. Ruang Tamu
Karpet dibedakan dari ukuran dan cara pengaplikasiannya jika menilik pada fungsi ruang. Fungsi karpet cuma sebatas sebagai alas meja untuk ruang tamu. Karpet ini dapat juga diterapkan sampai berbatasan dengan kaki sofa atau kursi bagian depan. Karpet berfungsi sebagai elemen estetika dan pemberi kesan hangat di area ini sehingga ruangan tidak terkesan kaku.

Cara Tepat Menata Ruang dengan Karpet

2. Ruang Makan
Pakai ukuran karpet yang lebih besar di area ruang makan ini. Jika perlu hingga melebihi batas kursi. Tujuan dari hal ini adalah untuk membedakan ruang makan dengan ruang-ruang lainnya. Nah, bagi Anda yang mempunyai luas area yang terbatas, kehadiran karpet ini akan membuat fungsi ruang menjadi nampak lebih jelas. Tetapi, untuk menghindari tabrak tema, gunakan motif dan tekstur yang sesuai dengan tema ruang yang diusung.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Tepat Menata Ruang dengan Karpet Rating: 5 Reviewed By: Unknown