728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 21 Agustus 2015

Jenis Pasir Terbaik untuk Bangunan

Jenis Pasir Terbaik untuk Bangunan
hargapasirmerapi.wordpress.com
Pasir merupakan material bangunan yang paling banyak dipakai dalam proses pengerjaan rumah. Mulai dari pembuatan fondasi, kolom, lantai, dinding, sampai atap dak, semuanya menggunakan pasir. Makanya tidak heran bila material ini mudah ditemui di semua toko bahan bangunan.

Menggunakan pasir yang berkualitas menjadi syarat mutlak karena fungsinya yang amat vital. Kesalahan dalam memilih pasir dicemaskan akan menimbulkan beragam masalah di "sekujur tubuh" rumah Anda, seperti dinding retak-retak, plesteran tidak menempel dengan sempurna, atap bocor, struktur rapuh, lantai kerap popping, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Secara umum, pasir dibagi ke dalam 3 kategori, yakni pasir gunung, pasir sungai, dan pasir pantai. Dari ketiga jenis pasir ini, manakah yang terbaik digunakan untuk bangunan? Ya, pasir yang terbaik adalah yang bersumber dari pegunungan.

Umumnya pasir yang sumber penambangannya berasal dari pegunungan mempunyai kualitas yang jauh lebih baik ketimbang pasir yang ditambang dari sungai atau laut. Hal ini lantaran pasir yang berasal dari pegunungan memiliki tingkat kekerasan yang lebih jika dibandingkan dengan pasir jenis lainnya.

Kekerasan tersebut yang akan membuat bangunan rumah menjadi kokoh. Di samping itu, pasir jenis ini juga mempunyai kandungan lumpur yang minim sekali sehingga adonan plesteran atau cor-coran menjadi sempurna.

Pasir gunung juga tidak mengandung senyawa kimia apapun ketimbang pasir pantai yang mengandung garam sulfat (MgSO4). Senyawa kimia ini bisa mengakibatkan karat pada besi struktur.

Lalu, apakah pasir sungai dan pasir laut dapat tetap dimanfaatkan dan kualitasnya menjadi lebih baik? Jawabannya adalah bisa. Syaratnya kedua jenis pasir ini sebelum digunakan harus mendapatkan penanganan khusus terlebih dahulu. (Baca juga: Cara Menghilangkan Lumpur pada Pasir Sungai)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jenis Pasir Terbaik untuk Bangunan Rating: 5 Reviewed By: Unknown