728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 25 Agustus 2015

Tips Hidup Bertetangga di Apartemen Agar Lebih Akrab

Tips Hidup Bertetangga di Apartemen Agar Lebih Akrab
Tinggal di apartemen bukan berarti membuat kita tidak peduli dengan tetangga sesama penghuni apartemen. Beragam cara dapat dilakukan supaya kehidupan di apartemen menjadi lebih akrab dan menyenangkan.

Berikut beberapa tips hidup bertetangga di apartemen agar lebih akrab.

Bersikap Toleransi dan Menghormati Tetangga
Hal dasar yang mesti dilakukan untuk bersosialisasi di mana saja adalah rasa toleransi dan menghormati. Toleransi dan menghormati ketika tinggal di apartemen menjadi penting dilakukan. Pasalnya, beberapa hal yang sepele dapat menjadi masalah dengan tetangga. Misalnya, suara langkah kaki dan suara saat berbicara. Oleh karena itu, sebaiknya jangan berbicara atau melangkah keras-keras sebagai penghuni apartemen. Apalagi apartemen yang dihuni berkoridor sempit.

Mengikuti Perkumpulan
Biasanya, pengembang apartemen membentuk suatu perkumpulan khusus bagi penghuni apartemen. Hal ini boleh dibilang mirip dengan sistem RT/RW yang terdapat di perumahan. Biasanya, perkumpulan ini mempunyai aktivitas rutin yang dilakukan setiap bulan. Kegiatan tersebut dapat berupa rapat-rapat formal untuk membahas lingkungan di apartemen dan aktivitas non-formal, seperti acara kumpul sembari makan bersama atau gathering ketika akhir pekan.

Mengunjungi Tempat Tetangga
Ada baiknya kita sesekali mengunjungi apartemen beberapa tetangga yang sudah kita kenal. Sebagai penghuni baru di apartemen, kita dapat pula mengundang tetangga untuk datang berkunjung ke apartemen yang kita huni. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak menutup diri untuk bersosialisasi antartetangga.

Bertegur Sapa
Bertegur sapa ketika bertemu atau berpapasan merupakan cara yang paling gampang untuk akrab dengan tetangga penghuni apartemen. Sapalah beberapa orang yang kerap kali dijumpai saat berada di dalam lift atau lorong apartemen. Bila ada sedikit waktu luang untuk mengobrol, kita dapat menanyakan di lantai atau apartemen nomor berapa orang tersebut tinggal. Apabila telah sering menyapa, maka antarpenguni lama-kelamaan dapat lebih mengenal dan sosialisasi dapat menjadi lebih akrab.

Memanfaatkan Ruang Publik
Biasanya, apartemen menyediakan ruang publik seperti taman bermain dan kolam renang. Penghuni apartemen di tempat ini dapat berjumpa dan mengenal satu sama lain. Selain itu, anak-anak yang tinggal di apartemen dapat pula bermain dengan teman sebayanya. Bermain bersama bagi anak-anak merupakan hal yang penting untuk melatih kemampuan bersosialisasi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tips Hidup Bertetangga di Apartemen Agar Lebih Akrab Rating: 5 Reviewed By: Unknown